Home / Karir / Bermimpi Jadi Illustrator? Inilah Tips dari Ilustrator Profesional

Bermimpi Jadi Illustrator? Inilah Tips dari Ilustrator Profesional

Ilustrator adalah profesi yang sangat beragam dan tak beraturan, sebuah praktik yang mengambil berbagai bentuk. Terkadang bahkan sulit untuk mendefinisikannya, dan mustahil bahwa karier dua ilustrator itu sama. Ini sebagian besar merupakan pekerjaan lepas di mana seorang ilustrator berpindah dari satu peluang ke peluang berikutnya, seringkali dengan cara yang tidak terduga dari minggu ke minggu dan tentunya tidak dapat diprediksi selama masa kerja. Jika tidak ada yang lain, pasar, teknologi, budaya, keterampilan pribadi, dan minat akan berubah dan berkembang sepanjang waktu. Itulah hal pertama yang harus kamu perhatikan, terutama saat memberi atau menerima saran khusus — pengalaman dan keadaan setiap illustrator sangat berbeda. Berikut ini adalah prinsip-prinsip umum yang diperoleh dari keberhasilan dan kegagalan illustrator profesional selama bertahun-tahun, tips-tips yang mungkin relatif universal tapi masih berguna.

Tantang Dirimu Sendiri

Mungkin tips yang pertama dan terpenting adalah tips umum yang berlaku untuk semua pekerjaan: nikmati apa yang kamu lakukan, sejauh itu menyenangkan untuk melampaui panggilan tugas. Menciptakan pekerjaan yang lebih dari cukup, melebihi ekspektasi dan bahkan tuntutan klien, selalu menjadi sesuatu yang bisa kamu coba coba lakukan dan nikmati.  Perlakukan setiap tugas kreatif sebagai eksperimen unik dan tidak selalu mencari solusi termudah, atau terlalu bergantung pada keterampilan yang ada. Setiap karya harus melibatkan elemen inovasi atau kesulitan baru.

Carilah inspirasi dari seniman dan penulis lain dengan niat yang sama. Yaitu menciptakan masalah artistik untuk diri mereka sendiri, dan menghabiskan banyak waktu jam-jam dengan bayaran yang sangat kecil. Terkadang hanya menjangkau audiens kecil, dalam genre yang sering kebanyakan orang abaikan dan terkadang tidak dihargai (berlaku juga dari SF ilustrasi dari sudut pandang umum). Itu tidak masalah: justru yang paling mengkhawatirkan adalah tidak adanya peluang untuk melakukan beberapa eksperimen yang mungkin tidak mungkin bisa kamu lakukan pada spektrum komersial yang lebih besar,.

Jadi, sangat penting untuk mengejar pekerjaan yang menantang secara pribadi. Pekerjaan kecil bisa sama pentingnya dengan pekerjaan terkenal karena alasan itu. Sekali lagi, ini semua tentang pengembangan pribadi yang kuat. Ilustrator yang baik adalah ilustrator yang tetap mau belajar, dan bahkan ketika paling percaya diri, tidak pernah merasa seperti seorang master. Mereka terus-terusan berlatih di ruangan mereka, mencoba menjelajahi kerajinan mereka dengan integritas sederhana. Begitulah karya yang tidak biasa dan orisinal muncul, bukan dengan mengejar pasar atau gerakan modis atau ingin sukses secara konvensional.

Jadilah Orang yang Serba Bisa

Tetapi berbicara tentang mengejar pasar, bagi seorang seniman yang berlatih ini tetap, tentu saja, merupakan pengejaran yang esensial, jika hanya untuk bertahan hidup. Ini adalah praktik kreatif paralel lainnya: keberlanjutan ekonomi, menghasilkan uang. Menurut saya area ini adalah yang paling sulit untuk tercakup dengan saran sederhana karena ada begitu banyak jenis lingkungan kerja: percetakan dewasa, remaja dan anak-anak, periklanan, ilustrasi editorial dan genre, desain film, animasi, teater, seni rupa, permainan dan bentuk lain yang mungkin belum banya orang temukan. Kebanyakan seniman visual akan melewati beberapa di antaranya, terutama dalam lingkungan multimedia digital. Karena itu, keterampilan yang serba bisa adalah yang terpenting. Itu tidak hanya berarti mahir dalam bekerja dalam gaya dan media yang umum, tetapi juga yang tidak banyak orang kenal — kamu harus mampu belajar dan beradaptasi, agar tetap fleksibel, beragam, dan berpikiran terbuka.

Bersikap Profesional

Prinsip serba bisa juga berlaku untuk bekerja dengan orang, karena hampir semua pekerjaan komersial bersifat kolaboratif. Meskipun kamu sedang menulis dan mengilustrasikan buku dalam kesendirian tanpa adanya gangguan, tapi tetap membutuhkan kolaborasi editor dan staf penerbitan lainnya. Sangat penting untuk menjadi orang yang bisa diandalkan dan mudah diajak bekerja sama, seperti halnya dengan pekerjaan lain. Inilah alasan utama klien akan terus memberimu pekerjaan. Banyak pekerjaan ilustrasi sebelumnya mendapat sedikit bayaran di majalah dan antologi pers kecil terbukti bermanfaat, baik sebagai pelatihan maupun pemaparan, demonstrasi kesediaan saya untuk mengikuti ringkasan dengan cara yang dapat saya andalkan dan imajinatif.

Jadilah Pembicara yang Baik

Komunikasi sangat penting, meski menghabiskan begitu banyak waktu untuk mengerjakan apa yang bisa kamu anggap sebagai profesi yang tertutup. Kamu harus bisa berbicara dan menulis tentang semua pekerjaanmu dengan cara yang jelas dan mudah untuk membantu orang lain memahami ide-idemu. Terutama ketika ide-ide itu tidak langsung terlihat, terutama oleh non-seniman. Empati dan kesabaran hampir selalu memenangkan hari, bahkan dalam situasi sulit. Kamu harus terbuka untuk berdiskusi, revisi, dan kompromi, sementara pada saat yang sama mempertahankan integritas artistikmu sendiri — ini tidak selalu bertentangan, seperti yang sering banyak orang yakini.

Pertahankan Minat yang Luas

Kompetensi teknis sebagai seorang seniman, tentu saja, penting, tetapi ini hanya alat untuk merealisasikan ide; tanpa imajinasi yang kuat, tampilan keterampilan hanya itu — dan “gaya” menarik hanya jika didukung oleh konten. Ilustrasi yang terlalu banyak terlihat bagus, tetapi meninggalkan sedikit resonansi dalam pikiran; secaya gaya memang brilian namun tipis pada relevansi konseptual dengan masalah kehidupan nyata.

Ini membantu untuk tetap tertarik pada semua bentuk seni dan memiliki pemahaman yang baik tentang sejarah seni serta beberapa pengetahuan tentang teori seni, baik di masa lalu maupun kontemporer. Pahami hubungan antara seni dan kehidupan. Pengetahuan tentang sejarah dan teori, dan minat pada selain seni membuat gambar yang menarik: ini benar-benar dapat meningkatkan pemikiran artistikmu. Mengembangkan kepekaan visual dan kosa kata, bukan hanya keterampilan teknis, berarti kamu bisa cukup cerdas untuk menangani banyak proyek berbeda dan menemukan solusi orisinal.

Jangan Putus Asa!

Selama kamu melakukan sesuatu, meskipun tidak berhasil, kamu tidak membuang-buang waktu. Pencapaian terbesar dari begitu banyak karya kreatif hanyalah menemukan waktu dan dedikasi untuk melakukannya, terutama ketika tampaknya sulit dan kurang menyenangkan. Karena hampir setiap proyek tampaknya melibatkan semacam “krisis” yang merusak kepercayaan. Ide dan bakat yang bagus tidak akan berarti banyak jika tidak kamu lakukan melalui kerja keras. Ide sebenarnya bukan ide sampai kamu terapkan ke dalam pekerjaan. Kegagalan juga merupakan prasyarat penting untuk sukses.

Kritik memang perlu, tapi jangan terlalu berkutat pada kritik tersebut! Pada akhirnya, kamu adalah penilai utama atas pekerjaanmu sendiri, jadi belajarlah untuk menjadi kritis dengan cara yang afirmatif daripada negatif. Semua kreator — jika mereka memang bagus — menderita masa-masa kekecewaan, bahkan depresi dengan pencapaian mereka sendiri; itu sangat normal! Lanjutkan saja, jika kamu ingin melewati ambang batas itu. Kamu juga tidak pernah tahu apakah kamu benar-benar gagal sampai kamu menyelesaikan sebuah pekerjaan. Setiap kesuksesan, apapun kualitasnya, akan membangun kepercayaan diri, dan kepercayaan diri adalah kuncinya. Kamu juga perlu melindungi wilayah kepercayaan itu dari kritik yang sama sekali tidak membangun atau kemunduran kecil.

Gambar, Gambar, Gambar dan Teruslah Menggambar

Dan yang terakhir, bagi siapa pun yang tertarik menjadi seniman, ilustrator, desainer, bahkan sutradara film — Kamu harus benar-benar belajar menggambar dengan baik. Itu adalah fondasi yang berharga, sesuatu yang akan selalu kamu gunakan, apa pun teknologi atau genre-nya. Menggambar lebih dari sekadar menggunakan pensil dengan presisi, itu adalah cara melihat dengan baik, sesuatu yang membutuhkan beberapa ribu jam latihan, dan bahkan kemudian, tidak pernah sepenuhnya dikuasai. Menggambar yang bagus adalah keterampilan yang tak lekang oleh waktu, mudah beradaptasi tanpa batas, dan tidak akan pernah ketinggalan zaman. Seluruh karir saya bertumpu pada kemampuan saya menggambar dengan baik, untuk berpikir secara efektif menggunakan pensil sederhana. Semua keterampilan dan teknik visual lainnya, dari lukisan cat minyak hingga animasi CG, merupakan penjabaran dari keterampilan mendasar ini.

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our newsletter